° KURIKULUM°
Nama : Endang Oktaviani
Kelas : 4H
Nim : 12001299
° KURIKULUM°
Pengertian kurikulum
pengertian kurikulum kurikulum disini yang dapat dilihat secara etimologis, Kurikulum berasal dari bahasa Yunani yaitu “curir” yang berarti pelari, serta “curere” yang berarti tempat berpacu. Sedangkan secara , istilah ini dipakai dalam dunia olahraga.
Jadi, Kurikulum dapat diartikan sebagai sebuah jarak yang mesti ditempuh seorang pelari supaya mendapat medali atau penghargaan lainnya. Kemudian, istilah Kurikulum tersebut diadaptasi dalam dunia pendidikan dan dunia olahraga sehingga pengertian Kurikulum dalam dunia pendidikan kemudian menjadi sekumpulan mata pelajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh peserta didik supaya mendapatkan ijazah atau penghargaan yang ingin dicapai.
Kelebihan dari kurikulum 2013 ini yang dinilai dari para ahli pendidikan yaitu
1. Lebih Menekankan Kepada Pendidikan Karakter
2. Memungkinkan Siswa Lebih Aktif, Inovatif dan Kreatif dan efektif
3.Proses Penilaian Dilakukan Dari Semua Aspek aspek manapun
4. Lembaga Memperoleh Pendampingan dari Pusat
5. Mendorong Guru untuk Semakin Kreatif Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran
6. Penyediaan Fasilitas Belajar Semakin Efisien dan efektif dalam melakukan pembelajaran
Kelemahan kurikulum 2013 salah satunya yaitu
1. Guru Tidak Dilibatkan dalam Pembuatan Kurikulum 2013
Kelemahan yang pertama ini adalah pihak guru yang cenderung tidak dilibatkan dalam proses pembuatan kurikulum 2013 karena guru lebih menjelaskan secara langsung kepada peserta didik.
2. Banyaknya Guru yang Belum Memiliki Kesiapan Mental
Kelemahan nya adalah banyaknya seorang guru yang sebenarnya masih belum siap mental menghadap setiap i kurikulum baru . Salah satu sebabnya adalah karena kurangnya kompetensi dan kapasitas guru dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik.
3.Guru Banyak Salah Faham sehingga Kurang Memberikan Penjelasan
Seorang guru membutuhkan evaluasi dan perbaikan. Yaitu banyaknya guru kurang tepat dalam memahami konsep kurikulum ini.
4. Dalam Menyusun RPP Guru Kurang Kreatif.
Banyaknya seorang guru yang kurang kreatif di dalam penyusunan RPP. Padahal, RPP di sini sangat mempengaruhi hasil pembelajaran Dan mudah untuk memberikan hasil yang maksimal .
5. banyaknya materi yang diberikan kepada siswa sehingga tidak mudah untuk di cerna dan dipahami.
6. Sekolah Kurang Mandiri di dalam Menyikapi Kurikulum yang Ada
Fungsi fungsi dari kurikulum
Fungsi dari kurikulum tersebut memiliki 2 bagian , pertama fungsi untuk penyelenggaraan , kedua fungsi bagi pihak terlibat/ terkait .
- fungsi penyelenggaraan di bagi menjadi 6 bagian
a. Fungsi Integrasi : suatu alat yang membentuk kepribadian peserta didik yang utuh dan berintegritas di dunia pendidikan sehingga sangat mudah untuk di selesaikan.
b. Fungsi Persiapan : kurikulum yang dapat mempersiapkan salah satu hal yang telah di persiapkan bagi peserta didik baik itu dilihat dari adanya persiapan memasuki jenjang pendidikan berikutnya
c. Fungsi Penyesuaian : kurikulum yang dapat menyesuaikan adanya lingkungan sekitar sehingga bisa beradaptasi dengan baik dilingkungan yang dinamis.
d. Fungsi diferensiasi : kurikulum yang berfungsi sebagai alat meneliti , melihat, memantau disetiap pekerjaan yang dilakukan peserta didik dalam setiap pelayanan karena peserta didik memiliki perbedaan.
e. Fungsi Diagnostik : Fung kurikulum ini mengatasi , mengarahkan Potensi disetiap peserta didik untuk bisa menyemangati kelemahan yang di miliki peserta didik.
f. Fungsi Pemilihan : kurikulum yang memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk memilih apapun yang diinginkan peserta didik sesuai keinginan dan kemampuannya.
- Fungsi bagi pihak yang terlibat/ terkait ada 3
A. Kepala sekolah : Fungsi kurikulum ini adalah berpusat kepala sekolah yaitu sebagai pemimpin penyelenggaraan pendidikan di sekolah dan sebagai pedoman pengelolaan sistem pendidikan.
B.guru
Fungsi kurikulum untuk guru adalah sebagai pedoman pengajaran ke pada siswa untuk memberikan suatu patokan yang jelas tentang proses pengajaran juga materi yang harus diberikan pada anak didik/ peserta didik.
C. Siswa : sebagian acuan belajar. Dengan adanya kurikulum ini siswa dapat mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari dan juga dipahami.
Tujuan adanya kurikulum
Tujuan dari adanya kurikulum disini yaitu memberikan pembimbingan kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang cerdas, berpengetahuan tinggi, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, berfikir yang kritis dan siap masuk dalam kehidupan bermasyarakat dan mudah berorganisasi serta mudah beradaptasi dilingkungan masyarakat.
tujuan kurikulum menurut Undang-Undang:
1. Beriman dan Bertakwa
Tujuan kurikulum yang pertama menunjukkan bahwa iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa adalah faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia.
2. Berakhlak Mulia
Tujuan kurikulum yang kedua berkaitan dengan manusia yang memiliki sifat berbeda-beda.
3. Memiliki Kecakapan
Tujuan kurikulum yang ketiga adalah menjadi manusia yang cakap. Hal ini sangat penting sebagai tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Selama atau setelah mengenyam pendidikan, sorang peserta didik harus memiliki suatu kecakapan tertentu.
4.Kreatif
Definisi kreatif adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan, hal ini termasuk tujuan dari pengertian pendidikan. Kreatif merupakan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah dengan berbagai cara.
5. Mandiri
Mandiri adalah keadaan di mana seorang individu dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kemandirian dapat diterapkan dalam kehidupan belajar mengajar, contohnya adalah kejujuran dalam mengerjakan segala hal yang di tetapkan dalam setiap ujian sekolah
6. Demokratis dan Bertanggung Jawab
Tujuan kurikulum yang terakhir adalah menjadi warga negara yang demokratis derta betanggung jawab. Bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah demokrasi. Demokrasi berasal dari kata demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya kekuasaan.
Komentar
Posting Komentar