• MANAJEMEN SEKOLAH•
Nama : Endang Oktaviani
Kelas : 4H /PAI
Nim : 12001299
* MANAJEMEN SEKOLAH *
Pendapat saya mengenai Pengertian manajemen adalah salah satu proses perencanaan terhadap adanya sumber daya manjemen itu sendiri sehingga terdapat tujuan yang efektif dan efisien. Sedangkan sekolah dapat di definisikan sebagai tempat untuk melakukan belajar mengajar bagi seorang siswa untuk mencari ilmu atau sebuah lembaga ( tempat) untuk belajar mendidik seorang siswa dibawah naungan seorang pendidik atau dapat dikatakan sebagai guru baik itu dalam sistem formal dan non formal yang dimana suatu pendirian nya melalui sekolah negara maupun suasta dengan tujuan agar memberikan suatu pengajaran kepada peserta didik melalui bimbingan seorang guru.
Jadi dari pengertian di atas manajemen sekolah adalah suatu bentuk usaha memperdayakan sekolah supaya lingkungan yang ada disekolah tersebut dapat terwujud yang efektif , kreatif dan dapat terjalin dengan baik serta mandiri. Dan manajemen sekolah ini juga untuk meningkatkan ketercapaian dan tujuan sekolah yang diinginkan sehingga terjalin dengan baik .
Dan manajemen sekolah memiliki 2 aspek yakni aspek manajemen internal dan aspek eksternal. Jika di lihat dari aspek internal sekolah meliputi perpustakaan, laboratorium,sarana dan prasarana, pelaksanaan evaluasi pendidikan dan hubungan antara guru dan siswa (murid). sedangkan aspek eksternal meliputi aspek yang berhubungan dengan pihak luar sekolah seperti masyarakat dan dinas pendidikan yang berkaitan dengan fungsi sekolah.
Contoh yang diterapkan pada fungsi manajemen itu sendiri dalam kegiatan sekolah adalah jika setiap sekolah seorang siswa diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler walaupun hanya 1 ekstrakulikuler saja , karena dengan adanya ekstrakurikuler tersebut agar pengembangan minat dan bakat seorang siswa terasa dari sejak dini , dan kemudian adanya pengawasan atas berjalannya suatu kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Jika dalam manajemen sekolah terkait dengan perfektif sekolah dengan tujuan agar Pendidikan disekolah dapat tercapai efektif dan efesien makan adanya proses manajemen pendidikan yang memiliki peranan amat vital. Sehingga manajemen sekolah sangat penting bagi pendidikan karena manajemen sekolah tersebut hal yang di proritaskan untuk kelangsungan pendidikan yang diinginkan .
Menurut pendapat Supriono Subakir tujuan utama dalam menerapkan manajemen sekolah ialah untuk meningkatkan efesiensi pengelolaan dan meningkatkan relevansi pendidikan di sekolah.dan adanya wewenang yang lebih besar dan lebih luas bagi sekolah untuk mengelola untuk urusan sendiri. Tahap tahap penilaian manejemen sekolah sendiri adalah untuk melihat, meneliti suatu sekolah baik dari kejauhan baik itu dilihat dari kelebihan dan kekurangan atau pada dasarnya kekuatan dan kelebihan kurikulum yang yang di tetapkan di pakai serta yang dikembangkan secara pormatif atau Sumatif.
Ada beberapa fungsi manajemen sekolah secara umum salah satunya :
1. Membuat perencanaan sekolah yakni tujuan dan dasar pendirian sekolah .
2. Melakukan pengawasan terhadap operasional sekolah
3. Mengorganisasikan segala sumber daya yang ada di sekolah untuk mencapai tujuan bersama
Jika dilihat dari ruang lingkup manajemen sekolah secara objek yaitu
1. Man( manusia) yaitu suatu unsur kepentingan yang harus dikelola dalam manajemen sekolah seperti adanya pengorganisasian yang sesuai dengan kompetensi yang di miliki.
2. Money ( uang) yaitu mengelola suatu perdanaan secara efesien dan baik teratur sehingga tidak adanya kesenjangan , pemborosan, permasalahan teehadap uang tersebut.
3. Material( bahan) yaitu suatu hal yang penting dalam manajemen sekolah untuk membentuk mengelola adanya material serta membentuk kurikulum yang tepat untuk pembelajaran siswa atau peserta didik sendiri.
4. Method( metode) yaitu salah satu tujuan agar mahasiswa paham terhadap materi yang akan di ajarkannya sehingga lebih cepat tercapai.
5. Machines( mesin) yaitu bagian bagian dari media pembelajaran yang dapat terpengaruh terhadap pemikiran siswa.
6. Market ( pasar) yaitu salah satu kunci yang menentukan sekolah baik itu dengan lembaga pendidikan yang besar maupun yang kecil atau dapat dikatakan sebagai masyarakat yang luas.
7. Minutes( waktu) yaitu suatu waktu yang terdapat di dalam sekolah atau ruang dengan waktu yang terjangkau atau terbatas untuk peserta didik belajar.
Ada beberapa kesalahan atau permalasahan yang terdapat atau muncul di dalam manajemen sekolah yaitu antara lain :
- ketidak jelasan wewenang dan tugas pada struktur organisasi . Solusi dengan hal tersebut adalah kita harus lebih jelas lagi dengan melakukan koordinasi , bertanya terlebih dahulu antara pihak pengurus.
- Tidak pertanggung jawaban dalam menjalankan tugas atau tidak mampu menunjukkan prestasi kerjanya . Solusinya memberikan suatu sanksi yang tegas jika tidak mampu dengan hal tersebut maka sebaiknya tidak memaksa diri untuk melakukan evaluasi sendiri untuk melakukan atau mengetahui kemampuan yang dimiliki.
- permasalahan tugas dan peran guru dalam manajemen sekolah . Solusinya memiliki tindakan tegas dari pihak sekolah khususnya kepala sekolah atau pihak kedisiplinan untuk menegur adanya permasalahan yang di hadapi .
Tujuan penerapan manajemen sekolah adalah untuk memandirikan suatu sekolah melalui wewenang kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan suatu keputusan dengan cara partisipatif. Dan manajemen sekolah memiliki tujuan penting yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab sekolah terhadap orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang adanya mutu sekolah.serta meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
Ada beberapa teknik- teknik manajemen pendidikan sekolah Antara lain:
1. Tekni manajemen konvensional ( lebih menekankan pada aspek mekanisasi dan dekat dengan hubungan manusia)
2. Management by reward ( lebih mengarah kepada ekstrimis)
3. Teknik manajemen modern ( muncul upaya baru dalam memanajemen kan suatu proses pendidikan)
4. Management by system'( lebih kepada komponen- komponen yang ada dalam suatu organisasi pendidikan sebagai suatu yang utuh misalnya sekolah.
5. Management by delegantion ( lebih percaya atas prestasi dan kemampuan Anggota)
Sekian terima
Komentar
Posting Komentar