"Strategi pembelajaran"
Nama : Nama : Endang Oktaviani
Nim : 12001299
Kelas :4H / PAI
* Strategi pembelajaran *
Strategi pembelajaran menurut saya adalah suatu gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan yakni cara berorganisasikan materi pembelajaran siswa , peralatan serta waktu yang digunakan untuk mencapai dalam suatu proses pembelajaran dengan adanya pembelajaran yang telah ditentukan . Dan strategi pembelajaran juga adalah sebuah rangkaian serta metode dan cara dengan adanya suatu yang bisa diterapkan selama proses belajar mengajar didalam kelas. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan yang menggunakan metode serta manfaat berbagai sumber atau materi yang digunakan.
Tujuan dari pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai pencapai sebuah perubahan kepada siswa yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran yang di capai . Maksud dari aatujuan tersebut adalah adanya perubahan dengan tujuan kegiatan pembelajaran itu sendiri , jika dilihat dari segi umumnya strategi digunakan untuk membantu siswa supaya aktif dalam proses belajar sehinnga semangat siswa tersebut bertambah.
Manfaat dari tujuan pembelajaran tersebut adalah untuk memudahkan cara berkomunikasi dalam kegiatan belajar mengajar kepada siswa . Contoh siswa mencari informasi maksud dari strategi tersebut adalah siswa mencari informasi secara berkelompok dengan tema atau topik yang berbeda cara mencari informasi tersebut bisa lewat internet atau wawancara dengan narasumber ,hal tersebut siswa dapat belajar mencari informasi dengan tema yang telah ditentukan.
Dalam komponen strategi belajar mengajar yakni suatu bagian dari sebuah sistem yang berada di lingkungan pendidikan yang berperan dalam menciptakan suatu proses pembelajaran yang efektif, tujuan pengajaran tergantung pada adanya mutu dengan proses kegiatan belajar mengajar.
Jika dilihat dari jenis strategi belajar mengajar yaitu salah satunya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir yakni lebih menekankan kepada kemampuan seorang siswa dalam materi pembelajaran untuk menemukan suatu konsep yang dikuasai melalui proses berdialog untuk memanfaatkan pengalaman siswa Tersebut. Dan salah satu juga dalam jenis strategi belajar mengajar yaitu strategi belajar efektif dilihat pada umumnya seorang siswa dilihat pada situasi yang mengandung adanya suatu konflik yang dimana konflik tersebut dilihat dari adanya situasi yang problematis .
Dililit dar jenis jenis strategi pembelajaran yaitu salah satu nya adalah metode ceramah yang di mana metode ceramah ini adanya kelebihan dan kekurangan .
Kelebihan
- dilihat dari kekurangan yaitu seorang guru dapat mengontrol keadaan kelas yang lebih mudah
Kekurangan
- seorang siswa juga sering merasakan bosan jika guru tidak memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan jelas
Ada cara untuk menjalankan strategi pembelajaran yang benar yaitu *Dengan cara mendorong komunikasi *kelompok maksud dari hal tersebut adalah mendorong seseorang siswa untuk mencapai belajar seperti cara apa yang dilakukan untuk menyelesaikannya.seorang guru dapat meminta pada siswa untuk dapat terbuka mengenai suatu tantangan yang dihadapinya . Dengan demikian seorang guru dapat memberikan sebuah solusi terbaik demi mewujudkan aktif belajar mengajar dengan nyaman.* Mencari tahu teknik belajar yang tepat* yakni seorang guru memberikan suatu permainan belajar kepada seorang siswa agar mengisi beberapa kegiatan dengan bermain belajar sehingga mengurangi suasana pembelajaran.* Menciptakan suasana yang bebeas gangguan* maksudnya suasana yang nyaman mulai dari kebersihan dasar hingga menjalankan suatu kegiatan belajar yang nyaman tanpa adanya gangguan.* Fokus pada eksplorasi dan pemecahan masalah* strategi pembelajaran tersebut lebih mencangkup kepada kegiatan berbasis menyelesaikan suatu maslah dalam waktu belajar siswa.
Strategi pembelajaran yang efektif dan efesien ini adalah suatu belajar mengajar yang berhubungan dengan adanya timbal balik atau dapat dikatakan sebagai interaksi antara guru dan siswa Dengan strategi efektif dan efisien ini dapat menciptakan pembelajaran yang penting salah satu nya: - materi pelajaran yaitu adanya sejumlah pesan ilmu pengetahuan yang hendak disampaikan kepada seorang siswa supaya pesan tersebut efektif dan efisien untuk sampai ke pada peserta didik dan guru harus menguasai adanya materi belajar yang baik.- strategi dan metode ,media, hubungan komunikasi.
Jika dilihat dari strategi pembelajaran yang mencakup dengan perkuliahan adalah suatu bahan mata kuliah untuk mahasiswa yang nantinya menjadi seorang guru/ calon guru hal tersebut bisa dikatakan karena pandang sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk menjalaninya sebagai modal keilmuan saat berada di dalam kelas. Dari pada itu perlu adanya strategi yang dapat membantu proses kelancaran belajar.
Ada pula strategi pembelajaran menurut kemp adalah kegiatan belajar mengajar,ini berarti apa yang harus dikerjakan sebagai tenaga pendidik dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dapat disimpulkan bahwa hakikat strategi pembelajaran adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai seorang pendidik .
Kesimpulan dari strategi itu sendiri adalah suatu pola yang direncanakan secara sengaja buntuk melakukan kegiatan atau suatu tindakan, sedangkan pembelajaran adalah suatu upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar . Dengan demikian strategi pembelajaran adalah mencangkup suatu pendekatan , metode dan teknik, bentuk media, sumber belajar dan lain lain yang mencangkup strategi pembelajaran.
Unsur unsur dalam strategi pembelajaran yakni meliputi rangkaian/ urutan komponen belajar pengelompokan peserta didik serta pemilihan media dan sistem belajar siswa.
Keunggulan dari strategi pembelajaran yang terkait strategi aktif adalah mendorong siswa mengajukan pertanyaan, menciptakan adanya kerja sama dalam kelompok,salah satu cara aktif dalam proses belajar yakni dapat meningkatkan hasil belajar siswa.keunggulan dari strategi pembelajaran seperti ini siswa akan bersemangat dalam proses belajar mengajar.
Komentar
Posting Komentar