RPP
Nama : Endang Oktaviani
Kelas : 4H
Nim : 12001299
Magang1
° RPP °
Pengertian RPP secara umum yaitu suatu rencana pembelajaran yang di pegang oleh seorang guru untuk di ajarkan dalam kelas sesuai kompetensi dasar dan dasar kompensasi.
RPP sendiri merupakan suatu rencana pembelajaran sacara tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP ini juga dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan suatu kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang dj tentukan . Jika di lihat dari beberapa komponen inti yaitu ada 3 bagian : langkah langkah pembelajaran , Tujuan pembelajaran, Penilaian pembelajaran . Jadi RPP tersebut merupakan rencana pembelajaran yang telah di tentukan oleh pihak tertentu. RPP sangatlah penting bagi seorang guru karena RPP tersebut merupakan suatu untuk melancarkan proses belajar mengajar dengan baik .Manfaat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pembelajaran yang tertata. menggunakan penyampaian materi lebih mudah, menentukan target dan tujuan dan karena melihat keberhasilan belajar siswa, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, dan menentukan sumber belajar.
Ada beberapa hal dalam komponen yang menyusun RPP. K13
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan yang ada di sekolah .
- Identitas mata pelajaran
- Kelas/semester.
- Materi pokok yang telah di tentukan
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
- adanya langkah langkah pembelajaran
- memberikan penilaian dalam hasil pembelajaran
- media pembelajaran
- Sumber belajar yang ada di sekolah
Cara atau langkah langkah yang telah ditentukan dalam mengembangkan RPP yang terdapat di kurikulum K13 yaitu : Mengkaji silabus pada Kurnas.
- Menentukan tujuan rencana pembelajaran.
- Mengembangkan kegiatan rencana pembelajaran.
- Penjabaran jenis penilaian yang telah di tentukan.
- Menentukan alokasi waktu yang telah di tentukan dan di sepakati.
- Menentukan sumber belajar mengajar.
Dengan adanya langkah langkah yang di tentukan dalam RPP ada juga cara pembuatan atau menyusun RPP yaitu:
1. Mencantumkan Identitas.
2.Merumuskan suatu Tujuan rencana Pembelajaran.
3.Menentukan Materi Pembelajaran.
3. Menentukan Metode metode Pembelajaran.
4. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran.
5. Memilih Sumber Belajar dengan baik dan sesuai
6.Menentukan Penilaian dalam pembelajaran.
menentukan Contoh RPP yaitu Isi RPP sendiri mengacu atau bertujuan kepada rencana kegiatan pembelajaran dalam satu atau lebih pertemuan pembelajaran yang baik .
ada beberapa yang terdapat dalam RPP KURIKULUM K 13. yaitu terdapat d Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang komponen RPP Kurikulum 2013 terdiri dari, 1) identitas sekolah, (2) mata pelajaran yang digunakan (3) kelas/semester, (4) materi pokok, (5) alokasi waktu, (6) kompotensi inti, (7) tujuan pembelajaran, (8) kompetensi dasar dan indikator pencapaian , (9) materi pembelajaran, (10) metode pembelajaran.
Jika seorang guru tidak bisa melakukan proses pembelajaran dengan baik maka proses belajar mengajar nya akan tidak sesuai dengan RPp yang telah ditentukan dan seorang Guru tidak akan memiliki gambaran tentang tujuan yang ingin dicapai. Guru juga tidak bisa menentukan arah dan cara yang dipakai dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam RPP tersebut. Jadi RPP tersebut sangat lah penting dalam setiap sekolah dan bagi seorang guru.
Ada beberapa faktor yang harus dibuat oleh seorang guru dalam melakukan atau membuat RPP yaitu Kurikulum,Kondisi sekolah,Kemampuan dan perkembangan siswa Serta Keadaan guru.
Jika kita perhatikan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus memiliki dan memerhatikan Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang terutama yaitu: efisien, efektif, kreatif dalam berfikir dan berorientasi pada peserta didik dalam menjalankan proses belajar mengajar dengan baik dan sesuai dengan RPP.
Pengertian RPP menurut para ahli yang bernama Muslich (2008: 45) yang menyatakan bahwa, “RPP adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran dikelas. RPP menjadi pegangan yang sangat membantu guru untuk melakukan proses pembelajaran secara tertata. Pentingnya seorang Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Awal Semester ganjil dan Perencanaan Pembelajaran yaitu suatu hal pertama yang harus Guru pintar siapkan sebelum proses belajar mengajar berlangsung dengan cara membaca meneliti dengan adanya RPP yang telah di tentukan dan Persiapan guru sebelum mengajar salah satunya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jika kita teliti dengan baik RPP ini Secara umum termasuk ciri-ciri Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik yaitu sebagai berikut : Memuat suatu aktivitas proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru yang akan menjadi pengalaman belajar bagi siswa dengan baik dan Langkah-langkah pembelajaran tersebut disusun secara sistematis agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik .Dan rencana pembelajaran ini atau dapat dikatakan disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) akan Disusun Untuk Setiap KD Yang Dapat Dilaksanakan Dalam Satu Kali Pertemuan Atau Lebih dari satu , yang harus kita ketahui dalam pembuatan RPP dengan baik yaitu dengan Langkah-langkah penyusunan yang telah di tentukan RPP adalah sebagai berikut :(1) mencantumkan adanya identitas, (2) mencantumkan tujuan pembelajaran, (3) mencantumkan materi pembelajaran, (5) mencantumkan metode pembelajaran sesuai RPP yang di tentukan(6) mencantumkan sumber belajar, serta (7) mencantumkan penilaian RPP. Jadi kesimpulannya dari adanya RPP tersebut adalah suatu rencana pembelajaran yang baik dengan adanya kesesuaian KD yang di tentukan untuk setiap sekolah dan dibacakan dan di pegang oleh seorang Guru untuk proses belajar mengajar dikelas kepada seorang siswa.
Komentar
Posting Komentar